Skip to content

Sejarah Berdirinya Perisai Diri

November 1, 2010

Perguruan Silat Perisai Diri didirikan oleh Bapak Raden Mas Soebandiman Dirdjoatmodjo, setelah melalui perjalanan panjangan yang diawali oleh beliau sejah masiah anak-anak. Raden Mas Soebandiman Dirdjoatmodo adalah putera pertaam dari RM. Pakoesoedirdjo, yang merupakan buyut dari Pakoe Alam ke II. R.M Soebandiman lahir di Pakoealaman pada hari selasa tanggal 8 Januari 1913. mulai usia 9 tahun sudah gemar pencak silat, sehingga mendapat kepercayaan untuk melatih teman-temannya di lingkungan daerah Pakoe Alaman. Disamping pencak silat, juga belajar menari di Istana Pakoe Alaman, sehingga berteman dengan saudara Wasi dan Bagong Kusudiardjo.

Pda tahun 1930, R.M. Soebandiman meninggalkan Yogyakarta, untuk merantau tanpa membawa bekal apapun, dengan satu tujuan mencari guru guru pencak silat dan kiai kiai. Tujuan pertama adalah kota jombang, di sana beliau belajar silat pada Bapak Hasan Basri, sedangkan pelajaran agama di peroleh dari Pondok Tebu Ireng. Beliau mendapatkan gemblengan keras dengan lancar dan setelah dirasa cukup beliau belajar padaBapak Syahid Sahab dan seterusnya untuk menggenapkan ilmunya, beliau belajar kanuragan pada kakeknya yaitu Jogosurasno. Tujuan berikutnya adalah kota Semarang, disini beliau belajar padda bapak Soegito dan aliran setia saudara dan dilanjutkan dengan mempelajari ilmu kanuragan di pondokRangu Kuning Semarang.

Dari sana beliau menuju Cirebon, namun singgah dulu di Kuningan, karena daerah tersebut pada waktu itu terkenal banyak guru guru silat yang handal. Dsini beliau belajar lagi ilmu silat atau kanuragan dan tidak bosan bosannya selalu menimba ilmu dari berbagai guru. Kemudian pada tahun 1936, beliau mendirikan perkumpulan pencak silat di daerah Banyumas dengan nama “Eka Kalbu”.

Setelah puas merantau, kembali ke Jogyakarta dan mulai melatih di Tamansiswa Wiroguna, karena Almarhum Ki Hajar Dewantara memang masih temasuk familinya. Ditengah-tengah kesibukan melatih, beliau bertemu dengan seorang suhu Tionghoa yang kebetulan beraliran Siauw Liem Sie. Kisah pertemuan ini mempunyai cerita tersendiri, karena beliau diterima sebagai murid bukan dengan cara biasa, tetapi melaui suatu pertarungan persahabatan dengan murid dari suhu Yap Kie San ini. Melihat bakat Pak Dirjo ini, suhu Yap Kie tergerak hatinya untuk merima pemuda Soebandiman sebagai murid.

Dengan bekal yang diperoleh selama merantau dan digabung ilmu Siauw Liem Sie yang diterima daru suhu Yap Kie San. R.M. Soebandiman yang akrab dipanggil dengan sebutan “Pak Dirdjo” mulai merumuskan ilmu yang telah di kuasainya itu. Pada tahun 1974, pak Dirdjo diangkat sebagai Pegawai Negeri P.P dan K di Yogyakarta. seksi urusan pencak silat. sampai tahun 1954. pak Dirdjo diperbantukan ke Surabaya untuk urusan pencak silat.

Pada tahun 1955, pak Dirdjo resmi dipindah Dinas kekota Surabaya, yang selanjutnya pada tanggal 2 Juli 1955, pak Dirdjo mendirikan Perisai Diri.

Pengalaman  yang diperoleh selama merantau dan ilmu silat Siew Liem Sie yang dikuasainya, kemudian dicurahkannya dalam bentuk teknik yang sesuai dengan anatomi tubuh manusia, tanpa ada unsur memperkosa gerak. semuanya berjalan secara alami dan dapat dibuktikan secara ilmiah.

Sampai akhiranya, pada 9 Mei 1983, guru kita tercinta, Pencipta Ilmu Silat dan sebagai pendiri Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri, Raden Mas Soebandiman Dirdjoatmodjo, berpulang menghadap Sang Khaliq.

Untuk menghargai jasa beliau, pada tahun 1986. Pemerintah RI menganugrahkan gelar PENDEKAR PURNA UTAMA.

Semoga seluruh ibadah beliau diterima oleh Allah Subhanahu Wata’ala. Dan di ampuni segala dosa-dosanya. Aamin

….

4 Comments leave one →
  1. ming permalink
    October 26, 2013 10:28 am

    dah lama bangat sepi

  2. nixon permalink
    March 25, 2011 1:35 am

    Salam Bunga Sepasang. Artikel anda menarik, semoga lebih kreatif dalam menulis mengenai Perisai Diri. Keep in touch. PD Timor Leste

    • April 15, 2011 8:42 pm

      Thank u…..semoga PD Timur Leste, NTB dan Indonesia tetap jaya….hidup PERISAI DIRI

  3. endra permalink
    November 7, 2010 5:00 am

    aduuuuuuuuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhh
    jadi pngen latihan lageeeeeeeeee…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: